Biografi Joko Widodo - Presiden ke-7 Indonesia

JOKO WIDODO

NAMA LENGKAP : Ir.H.Joko Widodo

PROFESI : Pengusaha, Politikus

TEMPAT LAHIR : Surakarta, Jawa Tengah

TANGGAL LAHIR : 21 Juni 1961

AGAMA : Islam

PARTAI POLITIK : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

ISTRI : Ny. Hj. Iriana Joko Widodo

ANAK : Gibran Rakabuming Raka – Kahiyang Ayu – Kaesang Pangarep

Biografi Joko Widodo - Presiden ke-7 Indonesia
Joko Widodo - (Image : www.swadeka.com)


BIOGRAFI JOKO WIDODO

Joko Widodo atau lebih dikenal dengan Jokowi merupakan Presiden Indonesia yang menjabat sejal 2014, sebelumnya jokowi merupakan Walikota Surakarta yang menjabat sejak 2005 – 2012 dan Gubernur DKI Jakarta dari 2012 sampai 2014. Jokowi adalah Presiden Indonesia pertama yang bukan dari elit politik negera atau sebagai seorang jenderal militer.

Jokowi dicalonkan oleh partainya , Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), untuk ikut serta dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012 dan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama ( yang lebih dikenal dengan Ajok), dan saat itu Jokowi dan Pasangannya Ahok , terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 20 September 2012.

Presiden Jokowi (saat menjabat Gubernur DKI) dan Gubernur DKI Jakarta Ahok
Presiden Jokowi (saat menjabat Gubernur DKI) dan Gubernur DKI Jakarta Ahok  - (Image : http://www.jurnas.com )

Pencalonannya sebagai kandidat untuk pemilihan Presiden 2014 di umumkan pada 14 Maret 2016. Pemilihan presiden dilaksanakan pada tanggal 9 juli 2014. Setelah beberapa kontroversi mengenai hasil pemilu, jokowi secara resmi dinyatakan sebagai pemenang pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum( KPU), ia memenangkan lebih dari 53% suara atas lawannya, Prabowo Subianto.

PENDIDIKAN dan KEHIDUPAN PRIBADI

Joko Widodo adalah keturunan Jawa. Ayahnya berasal dari Karanganyar, kakek-neneknya berasal dari sebuah desa di boyolali. Jokowi adalah anak tertua dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi Notomihardjo. Ia memiliki tiga saudara perempuan yang bernama, Lit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati.

Pendidikannya dimulai di Sekolah Dasar Negeri 111. Saat usianya 12 tahun, jokowi mulai bekerja di bengkel furniture ayahnya.  Kemudian setelah sekolah dasar , ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Surakarta. Lulus dari SMP, ia ingin melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta, namun ia tidak lulus ujian masuk dan melanjutkan ke SMA Negeri 6 Surakarta.

PENGHARGAAN

Atas prestasinya, oleh Majalah Tempo, Joko Widodo terpilih menjadi salah satu dari "10 Tokoh 2008". Kebetulan di majalah yang sama pula, Basuki Tjahaja Purnama, atau akrab dengan panggilan Ahok pernah terpilih juga dalam "10 Tokoh 2006" atas jasanya memperbaiki layanan kesehatan dan pendidikan di Belitung Timur. Ahok kemudian menjadi pendampingnya di Pilgub DKI tahun 2012.

Ia juga mendapat penghargaan internasional dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea) ini atas keberhasilan Solo melakukan relokasi yang manusiawi dan pemberdayaan pedagang kaki lima.

Pada tanggal 12 Agustus 2011, ia juga mendapat penghargaan Bintang Jasa Utama untuk prestasinya sebagai kepala daerah mengabdikan diri kepada rakyat.Bintang Jasa Utama ini adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara sipil. Pada Januari 2013, Joko Widodo dinobatkan sebagai wali kota terbaik ke 3 di dunia atas keberhasilannya dalam memimpin Surakarta sebagai kota seni dan budaya, kota paling bersih dari korupsi, serta kota yang paling baik penataannya.Oleh KPK, dia diberi penghargaan atas keberaniannya melaporkan berbagai barang gratifikasi yang diterima.

Atas kemampuannya mensosialisasikan program-progam pemerintah sehingga mendapat dukungan masyarakat banyak, ia diganjar sebagai Marketer of The Year 2012 oleh Markplus Conference 2013, Marketing: Into Innovation and Technology


0 Response to "Biografi Joko Widodo - Presiden ke-7 Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.